Tuesday, September 17, 2013

Si Tukang Prambanan


 Si Tukang Prambanan


Malampun tiba, gue sama adeg masang wajah rajin di depan babe gue. Langsung capcus ke meja belajar sendiri-sendiri. Takut babe gue ngomel gara-gara anaknya gak belajar, babe gue ngelirik ke arah kamar gue n kamar adeg.
Babe gue orangnya gendut dan gak lupa dengan perutnya yang endut juga, mungkin di dalemnya diisi bola kali yah ma babe gue, dia punya kulit item tapi di bagian perut lumayan putih, berkumis, ih pokoknya hamper dan nyaris serem, sampek-sampek dedeg kecilnya pengen ngumpetin muka dia di ketek gue gara-gara takut dan geli ngeliat perut babe gue. (oh no..)
Gue ngusahain serius belajar, tapi gue juga harus pinter-pinter bikin situasi belajar gue jadi asik dan gak bikin gue ubanan. Akhirnya gue punya ide yang gak kalah asik dari ide OBAMA (presiden Amrik). Guepun langsung nyiapin buku di depan gue, nyalain laptop buat nonton film, terus gue juga ngeletakin hp di samping gue yang bakalan gue buat sms.an, sekaligus nyolokin earphone ke hp biar bisa sambil ndengerin lagu. Nah semua itu gue lakuin barengan, dan untungnya gue berhasil bagi focus gue ke berbagai macam benda di sekitar gue itu. Alhasil belajar gue pun jadi lebih asik pangkat dua (alias asik kuadrat).
Adeg gue juga gak kalah seriusnya disbanding gue. Gue ngintip dia, pengen tau aja dia lagi belajar materi apa. Pas gue liyat ternyata adeg gue belajarnya di atas kasur, dan sepanjang kasur tersebut gue ngeliyat banyak banget buku berceceran di atas kasur dia sampek ngebuat orang yang ngeliat bisa kena cacar air. Untungnya pas waktu itu gak ada pemulung yang lewat depan kamar adeg gue, dan kalo sampek pemuling itu jadi lewat.. bisa-bisa tuh buku-buku adeg gue bakalan dipungutin. Dan pastinya adeg gue bakalan lapor ke puskesmas soalnya bukunya sudah dipungut sama pemulung tadi. (nah lho.. kalo udah kayak gitu kan bisa panjang urusannya).
Suasana di rumah gue jadi hening, tiba-tiba adeg gue teriak-teriak dari kamar dia. Maklum mungkin ni rumah dikiranya hutan mangkanya dia teriak-teriak seenak jenggotnya.
Dia ngomong : “kak yang ngebuat candi prambanan siapa?”
“wadu.. masak gak tau sih? Cari sana dibukumu, lha itu PR siapa kok jadi gue yang disuruh ngejawab?!!”
Gue jawab aja kayak gitu soalnya takut ketauan gak bisanya, #ngeles dikit.
5 menit kemudian adeg gue ngomel-ngomel gara-gara jawaban soal tadi gak ketemu-ketemu. Dengan wajah seram sekaligus dicampur sama wajah tenang dia, babe gue ngejawab pertanyaan adeg gue tadi, babe gue ngomong..
“apa deg katamu tadi?”
“Yang ngebuat candi prambanan siapa?” adeg gue ngulang pertanyaannya.
Dan kali ini dengan wajah nyantainya seorang babe gue, dia ngejawab “yah tukang.e lah.. masak gitu ae gak bisa..”
Gue yang awalnya asik nonton film di laptop sambil ndengerin lagu, dengan extra quickly gue langsung matiin semuanya (maksud gue laptop sama hp gue). Gue masang wajah melongo penuh jenggotan abis ngedenger babe gue jawab pertanyaan si adeg (kalo yang jenggotan enggak beneran, masak iya gue jenggotan?). tapi beda dengan adeg gue, dia malah ngakak, guling-guling sambil ngeteh. -_-
-selesai deh critanya-
Ini cerita gue.. mana cerita loe?? 

#Susana Yenny Ekca

No comments:

Post a Comment